RIKASAN
BIMBINGAN PENYULUHAN/BIMBINGAN KONSELING
Slide 1 | Mata Kuliah BP/BK Pemateri : Drs. Salamun. M.Pd |
Slide 2 | Pengertian Bimbingan dan Penyuluhan BP =BK (Guidance and Counseling) Miller, proses bantuan thd individu utk mencapai pemahaman diri & mengarahkan diri agar dapat menyesuaikan diri. Surya 1988 dr Crow&Crow 1960 bantuan yg diberikan oleh seseorang baik laki-laki maupun perempuan yang berkepribadian baik, pendidikan yg memadai kepada seseorang dari setiap usia utk membantu pengembangan kegiatan hidupnya, pandangannya pilihannya dan memiku l bebannya. |
Slide 3 | Pengertian konseling Mortensen 1964, konseling merupakan proses hubungan antar pribadi dimana yang satu membantu yg lainnya utk meningktkan pemahaman dan kecakacapan menemukan maslahnya. American Personal And Guidance Association (APGA) konseling sebagai suatu hubngan antara individu yg terlatih secara profesional dg individu yang memerlukan bantuan yg berkaitan dg kecemasan biasa atau konflik atau pengambikan keputusan. |
Slide 4 | Urgensi bimbingan Perkembangan IPTEK Sesuai dengan makna dan fungsi bimbingan Sesuai dg tugas guru Faktor psikologis |
Slide 5 | Tujuan BP/BK Ø Agar tercapai perkembangan yg optimal pada individu yg dibimbing Ø Agar individu yg dibimbing dapat megembangkan dirinya secara optimal sesuai dg bakat. Minat serta kemampuan yg dimiliki |
Slide 6 | Fungsi Bp/Bk v Distributive ( penyaluran) v Adaptive (Pengadaptasian) v Adjustive (Penyesuaian) v Preventive (pencegahan) v Pemahaman v Pengentasan v Pemeliharaan v Pengembangan v Perbaikan v Advokasi |
Slide 7 | Prinsip umum BP/BP Bimbingan hrs berpusat pd individu yg dibimbing Bimbingan diberikan agar individu yg dibimbing mampu mengarahkan diri dan memecahkan masalahnya Pemberian bantuan disesuaikan dg kebut individu yg dibimbing Bimbingan diberikan berkenaan dengan sikap dan tingkah laku individu Pelaksanaan bimbingan dimulai dari identifikasi kebutuhan yg dirasakan individu Pemberian bantuan dilaksanakan dengan fleksibel Program BK hrs sejalan dg program lembaga pendidikan yg bersangkutan Implementasi program BK hrs dipimpin oleh orang yg memiliki keahlian BK Harus dilaksanakan evaluasi utk mengetahui hasil BK |
Slide 8 | Prinsip yang berhubungan dg individu yg dibimbing Ø Pelayanan BK diberikan kpd semua siswa Ø Harus ada kriteria yg mengatur prioritas pelayanan BK Ø Program BK hrs berpusat pada individu/siswa Ø Pelayanan BK hrs dapat memenuhi kebutuhan individu/siswa Ø Keputusan akhir bimbingan ada pada individu /siswa Ø Individu/siswa yg dibimbing hrs secara berangsur-angsur dpt menolong dirinya sendiri |
Slide 9 | Prinsip yg berhubungan dengan pembimbing Ø Pembimbing/konselor melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan yg dimiliki. Ø Pembimbing/konselor dipilih atas dasar kualifikasi kepribadian, pendidikan, pengalaman, dan kemampuannya Ø Harus selalu mengembangkan keahlianya Ø Selalu menggunakan berbagai informasi yang ada yg berhubungan dg individu yg dibimbing Ø Menjaga rahasia individu yg dibimbing Ø Menggunan berbagai metode dan teknik bimbingan |
Slide 10+11 | Asas-asas BP/BK q Kerahasiaan, data, informasi yg berkeneen dg individu yg dibimbing hrs dijaga kerahasiaannya q Kesukarelaan, kemauan pembimbingan dr siswa dan tdk ada paksaan dr pembimbing/konselor q Keterbukaan, baik dari konselor maupun siswa utk kepentingan pemecahan masalah q Kekinian, bantuan diberikan kepada siswa yang sedang mengalami masalah (berorientasi pd masalah yang sedang dirasakan siswa) q Kemandirian, siswa yang dibimbing semakin mandiri dan tdk tergantung orang lain q Kegiatan, hasil pembingan agan terwujud apabila disertai dengan kerja keras q Kedinamisan, siswa yg dubimbing ada perubahan semakin maju/baik q Keterpaduan, pembimbingan diberikan kpd siswa terpadu pada seluruh aspek kepribadian q Kenormatifan, pembimbingan tidak boleh bertentangan dg norma-norma yg berlaku q Keahlian, dilaksanakan oleh orang ahli (berpegalaman, berpendidikan dan berkepribadian) q Referal/alih tangan kasus, dilimpahkan kepada yg lebih ahli apabila memang bukan kewenangannya. q Tutwuri handayani, pembimbing mengikuti perkembangan siswa dan menjadi teladan siswa asuhannya. |
Slide 12 | Masalah siswa di sekolah
Pendapat M Hamdan Bakran Adz-dzaky ü Masalah individu berhub. Dg Tuhannya ü Masalah individu berhub. Dg dirinya sendiri ü Masalah individu berhub. Dg lingkungan keluarga ü Masalah individu berhub. Dg lingkungan kerja ü Masalah individu berhub. Dg lingkungan sosialnya |
Slide 13 | Petugas BP/BK di sekolah Guru mata pelajaran Guru walikelas Guru pembimbing -teacher counselor - counselor Kepala sekolah |
Slide 14 | Syarat –syarat konselor Kepribadiannya baik, dapat dicontoh dan diteladani Pendidikan dengan jenjang S1, S2 Pengalaman, mengikuti PPL, karena akan menjadi pembimbing yg baik kalau menjadi pembimbing 10-15 tahun Kemampuan dan ketrampilan yang baik dalam membimbing |
Slide 15 | Macam-macam bimbingan Bimbingan pribadi Bimbingam sosial Bimbingan belajar Bimbingan karir/pekerjaan |
Slide 16 | Macam-macam layanan Orientasi Informasi Penempatan dan penyaluran Konten Bimbingan kelompok Konseling perorangan Konseling kelompok Konsultasi Mediasi |
Slide 17 | Macam-macam kegiatan pendukung Ø Aplikasi instrumentasi Ø Himpunan data Ø Home visit Ø Konferensi kasus Ø Alih tangan kasus |
0 komentar:
Posting Komentar