Jumat, 23 September 2011

Ringkasan Bimbingan Konseling di Sekolah



RIKASAN
BIMBINGAN PENYULUHAN/BIMBINGAN KONSELING


Slide 1
Mata Kuliah BP/BK
Pemateri : Drs. Salamun. M.Pd
Slide 2
Pengertian Bimbingan dan Penyuluhan
        BP =BK (Guidance and Counseling)
        Miller, proses bantuan thd individu utk mencapai pemahaman diri & mengarahkan diri agar dapat menyesuaikan diri.
Surya 1988 dr Crow&Crow 1960 bantuan yg diberikan oleh seseorang baik laki-laki maupun perempuan yang berkepribadian baik, pendidikan yg memadai kepada seseorang dari setiap usia utk membantu pengembangan kegiatan hidupnya, pandangannya pilihannya dan memiku   l bebannya.
Slide 3
Pengertian konseling
        Mortensen 1964, konseling merupakan proses hubungan antar pribadi dimana yang satu membantu yg lainnya utk meningktkan pemahaman  dan kecakacapan menemukan maslahnya.
        American Personal And Guidance Association (APGA) konseling sebagai suatu hubngan antara individu yg terlatih secara profesional dg individu yang memerlukan bantuan yg berkaitan dg kecemasan biasa atau konflik atau pengambikan keputusan.
Slide 4
Urgensi bimbingan
        Perkembangan IPTEK
        Sesuai dengan makna dan fungsi bimbingan
        Sesuai dg tugas guru
        Faktor psikologis
Slide 5
Tujuan  BP/BK
Ø      Agar tercapai perkembangan yg optimal pada individu yg dibimbing
Ø      Agar individu yg dibimbing dapat megembangkan dirinya secara optimal sesuai dg bakat. Minat serta kemampuan yg dimiliki
Slide 6
Fungsi Bp/Bk
v      Distributive ( penyaluran)
v      Adaptive (Pengadaptasian)
v      Adjustive (Penyesuaian)
v      Preventive (pencegahan)
v      Pemahaman
v      Pengentasan
v      Pemeliharaan
v      Pengembangan
v      Perbaikan
v      Advokasi
Slide 7
Prinsip umum BP/BP
        Bimbingan hrs berpusat pd individu yg dibimbing
        Bimbingan diberikan agar individu yg dibimbing mampu mengarahkan diri dan memecahkan masalahnya
        Pemberian bantuan disesuaikan dg kebut individu yg dibimbing
        Bimbingan diberikan berkenaan dengan sikap dan tingkah laku individu
        Pelaksanaan bimbingan dimulai dari identifikasi kebutuhan yg dirasakan individu
        Pemberian bantuan dilaksanakan dengan fleksibel
        Program BK hrs sejalan dg program lembaga pendidikan yg bersangkutan
        Implementasi program BK hrs dipimpin oleh orang yg memiliki keahlian BK
        Harus dilaksanakan evaluasi utk mengetahui hasil BK
Slide 8
Prinsip yang berhubungan dg individu yg dibimbing
Ø      Pelayanan BK diberikan kpd semua siswa
Ø      Harus ada kriteria yg mengatur prioritas pelayanan BK
Ø      Program BK hrs berpusat pada individu/siswa
Ø      Pelayanan BK hrs dapat memenuhi kebutuhan individu/siswa
Ø      Keputusan akhir bimbingan ada pada individu /siswa
Ø      Individu/siswa yg dibimbing hrs secara berangsur-angsur dpt menolong dirinya sendiri
Slide 9
Prinsip yg berhubungan dengan pembimbing
Ø      Pembimbing/konselor melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan yg dimiliki.
Ø      Pembimbing/konselor  dipilih atas dasar kualifikasi kepribadian, pendidikan, pengalaman, dan kemampuannya
Ø      Harus selalu mengembangkan keahlianya
Ø      Selalu menggunakan berbagai informasi yang ada yg berhubungan dg individu yg dibimbing
Ø      Menjaga rahasia individu yg dibimbing
Ø      Menggunan berbagai metode dan teknik bimbingan
Slide 10+11
Asas-asas BP/BK
q      Kerahasiaan, data, informasi yg berkeneen dg individu yg dibimbing hrs dijaga kerahasiaannya
q      Kesukarelaan, kemauan pembimbingan dr siswa dan tdk ada paksaan dr pembimbing/konselor
q      Keterbukaan, baik dari konselor maupun siswa utk kepentingan pemecahan masalah
q      Kekinian, bantuan diberikan kepada siswa yang sedang mengalami masalah (berorientasi pd masalah yang sedang dirasakan siswa)
q      Kemandirian, siswa yang dibimbing semakin mandiri dan tdk tergantung orang lain
q      Kegiatan, hasil pembingan agan terwujud apabila disertai dengan kerja keras
q      Kedinamisan, siswa yg dubimbing ada perubahan semakin maju/baik
q      Keterpaduan, pembimbingan diberikan kpd siswa terpadu pada seluruh aspek kepribadian
q      Kenormatifan, pembimbingan tidak boleh bertentangan dg norma-norma yg berlaku
q      Keahlian, dilaksanakan oleh orang ahli (berpegalaman, berpendidikan dan berkepribadian)
q      Referal/alih tangan kasus, dilimpahkan kepada yg lebih ahli apabila memang bukan kewenangannya.
q      Tutwuri handayani, pembimbing mengikuti perkembangan siswa dan menjadi teladan siswa asuhannya.
Slide 12
Masalah siswa di sekolah
  • Perkembangan individu
  • Perbedaan individu
  • Kebutuhan individu
  • Penyesuaian sosial
  • Belajar
Pendapat M Hamdan Bakran Adz-dzaky
ü      Masalah individu berhub. Dg Tuhannya
ü      Masalah individu berhub. Dg dirinya sendiri
ü      Masalah individu berhub. Dg lingkungan keluarga
ü      Masalah individu berhub. Dg lingkungan kerja
ü      Masalah individu berhub. Dg lingkungan sosialnya
Slide 13
Petugas BP/BK di sekolah
        Guru mata pelajaran
        Guru walikelas
        Guru pembimbing
            -teacher counselor
            - counselor
        Kepala sekolah
Slide 14
Syarat –syarat konselor
        Kepribadiannya baik, dapat dicontoh dan diteladani
        Pendidikan dengan jenjang  S1, S2
        Pengalaman, mengikuti PPL, karena akan menjadi pembimbing yg baik kalau menjadi pembimbing 10-15 tahun
        Kemampuan dan ketrampilan yang baik dalam membimbing
Slide 15
Macam-macam bimbingan
        Bimbingan pribadi
        Bimbingam sosial
        Bimbingan belajar
        Bimbingan karir/pekerjaan
Slide 16
Macam-macam layanan
        Orientasi
        Informasi
        Penempatan dan penyaluran
        Konten
        Bimbingan kelompok
        Konseling perorangan
        Konseling kelompok
        Konsultasi
        Mediasi
Slide 17
Macam-macam kegiatan pendukung
Ø      Aplikasi instrumentasi
Ø      Himpunan data
Ø      Home visit
Ø      Konferensi kasus
Ø      Alih tangan kasus

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls